Senin, 19 Juli 2010

Pedoman Penulisan Outline Skripsi

Pedoman Penulisan Outline Skripsi

Oleh : Drs.Manuntun Pakpahan,MM. (Dosen Metodologi Penelitian Bisnis)

PENGARUH PERIKLANAN DAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH PT. BANK PANIN CABANG UTAMA MEDAN

Outline

Rencana Penulisan Skripsi Fakultas Ekonomi Pada

Universitas Pembangunan Panca Budi Medan

Oleh :

..................................................

N.P.M :

Program Studi : MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

UNIVERSITAS PEMBANGUNAN PANCA BUDI

M E D A N

2009

DAFTAR ISI

LEMBARAN JUDUL........................................................................................ i

LEMBARAN PENGESAHAN SKRIPSI......................................................... ii

LEMBARAN PERSETUJUAN UJIAN........................................................ iii

ABSTRAK .................................................................................................... v

KATA PENGANTAR..................................................................................... vi

DAFTAR ISI................................................................................................... viii

DAFTAR GAMBAR...................................................................................... xi

BAB I : PENDAHULUAN.......................................................................... 1

1.1 Alasan pemilihan judul......................................................... 1

1.2 Identifikasi dan batasan masalah........................................ 2

1.3 Perumusan Masalah............................................................. 3

1.4 Tujuan dan Manfaat Penelitian........................................... 3

1.5 Kerangka Pemikiran............................................................ 4

1.6 Hipotesis............................................................................... 6

1.7 Sistematika Penulisan.......................................................... 7

BAB II : LANDASAN TEORI..................................................................... 9

2.1 Pengertian Pemasaran dan Bauran Pemasaran.................. 9

2.2 Bauran promosi(Promotion Mix)......................................... 10

2.3 ............................................................................................... 12

2.4 .................................................................................................. 18

2.5 ............................................................................................... 19

2.6 ............................................................................................... 20

2.7 ............................................................................................... 21


BAB III : METODOLOGI PENELITIAN.................................................... 25

3.1 Tempat dan Waktu Penelitian............................................. 25

3.2 Defenisi Operasional Variabel............................................ 25

3.3 Populasi dan Sampel............................................................. 28

3.4 Metode Pengumpulan Data................................................. 29

3.5 Pengujian Instrumen Data................................................... 30

3.6 Teknik Analisa Data............................................................ 31

3.7 Pengujian Hipotesis.............................................................. 32

BAB IV : HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN............................. 35

4.1 Hasil Penelitian..................................................................... 35

4.1.1 Sejarah singkat Perusahaan....................................... 35

4.1.2 Visi dan Misi Perusahaan........................................... 36

4.1.3 Struktur Organisasi perusahaan................................. 37

4.1.4 Pelakaanan Periklanan Dan Pelayanan..................... 45

4.2 .. Pembahasan.......................................................................... 47

4.2.1 Penyajian Data............................................................ 47

4.2.2 Uji Validitas dan Reabilitas........................................ 51

4.2.3 Analisis dan Evaluasi.................................................. 52

4.2.4 Uji Asumís Klasik....................................................... 52

4.2.5 Pengujian Hipotesis..................................................... 55

BAB V : SIMPULAN DAN SARAN........................................................... 59

5.1 .. Simpulan................................................................................ 59

5.2 .. Saran..................................................................................... 60

DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRAN

BAB I

PENDAHULUAN

1.1. Alasan Pemilihan Judul

Promosi merupakan bagian terpenting guna menunjang berkembangnya perusahaan tersebut, oleh karena itu promosi yang cepat dapat diserap masyarakat dan mudah diingat serta penyampaian informasi yang jelas adalah melalui periklanan. Tidak hanya itu saja periklanan merupakan alat persuasi (membujuk) dan alat untuk menciptakan suatu kesan serta alat untuk memuaskan keinginan masyarakat/nasabah.Sehingga periklanan dapat dijadikan tinjauan bagi perusahaan untuk dapat memuaskan nasabah.

Pelayanan prima juga dijadikan pertimbangan dalam memilih Bank, oleh karena itu setiap perusahaan/bank harus dapat memberikan kepuasan dalam pelayanan. Faktor pelayanan menjadi sangat penting ketika persaingan antar Bank semakin ketat, sehingga mendorong bank melakukan pembenahan baik dari segi operasional maupun manajemen resiko.

............................................. dst

Melihat pentingnya keberadaan periklanan dan tingkat pelayanan untuk perkembangan perusahaan (PT. Bank Panin) maka penulis merasa tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul skripsi Pengaruh Periklanan dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Panin Cabang Utama Medan.

1.2. Identifikasi dan Batasan Masalah

1.2.1. Identifikasi Masalah

Seperti yang diuraikan pada latar belakang masalah diatas, maka penulis mengidentifikasi masalah sebagai berikut :

1. Belum optimalnya periklanan yang dilakukan perusahaan sehingga masih banyak nasabah yang belum mengerti tentang kegunaan produk yang ditawarkan PT. Bank Panin. Periklanan yang bagaimanakah yang dapat mempengaruhi nasabah?

2. Periklanan dan Pelayanan yang dilakukan selama ini belum menunjukan kepuasan nasabah dilihat dari peningkatan (Growth) jumlah nasabah menabung.

3. Kualitas pelayanan yang diterima nasabah belum menunjukan loyalitas nasabah dilihat dari seringnya berpindah ke Bank lainnya.

1.2.2. Batasan Masalah

Untuk mencegah mengembangnya permasalahan maka penulis membatasi masalah untuk lebih terperinci dan jelas sehingga pemecahannya terarah dan berhasil. Penulis membatasi hanya pada : “ Periklanan dan Tingkat Pelayanan terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Panin cabang Utama Medan.

1.3. Perumusan Masalah

Adapun perumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

1. Apakah periklanan dan pelayanan yang diberikan PT. Bank Panin Cabang Utama Medan berpengaruh secara serempak (simultant) positif dan serempak terhadap kepuasan nasabah?

2. Variabel manakah dominan mempengaruhi kepuasan nasabah?

1.4. Tujuan dan manfaat Penelitian

1.4.1. Tujuan dari Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah :

1. Untuk menguji dan mengetahui lebih jelas bagaimana Pengaruh Periklanan dan Tingkan Pelayanan terhadap kepuasan nasabah PT. Bank Panin Cabang Utama Medan.

2. Membandingkan teori yang diterima penulis dalam perkuliahan dan penerapannya dilapangan.

1.4.2. Manfaat Penelitian

Hasil yang diperoleh dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :

1. Sebagai masukan dan sumbangan pemikiran pada PT. Bank Panin , bahwa Pengaruh Periklanan dan Pelayanan sangat penting terhadap kepuasan nasabah.

2. Sebagai acuan dan perbandingan bagi para akademisi pada khususnya Program Studi Manajemen pada penelitian berikutnya terhadap Pengaruh periklanan dan tingkat Pelayanan terhadap kepuasan nasabah.

1.5. Kerangka Pemikiran

Kerangka berpikir dimaksudkan untuk lebih memudahkan penelitian didalam kelanjutan penulisan kripsi, dimana dengan adanya kerangka pemikiran diharapkan penulis lebih terarah.

Untuk keseragaman pegertian penelitian ini, maka perlu disesuaikan pandangan dalam mempermudah masalah :

1. Iklan adalah merupakan bagian dari bauran promosi yang maksudnya iklan adalah pesan yang menawarkan suatu produk yang ditujukan kepada masyarakat dalam bentuk media, namun demikian untuk membedakannya dengan pengumuman biasa, iklan lebih diarahkan untuk membujuk dan mengajak orang banyak untuk menggunakan produk tersebut. Atau kata lain Iklan biasa disebut sebagai suatu bentuk persentase non personal dan promosi ide barang / jasa oleh sponsor yang ditunjuk dengan mendapatkan bayaran

( Kasali, 1999:24)

Definisi diatas bahwa....................................... dst..... ( menurut pola pikir anda)

2. Pelayanan secara umum adalah kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang dengan landasan factor materiel melalui sistem, prosedur dan metode tertentu dalam rangka usaha memenuhi kepentingan orang lain sesuai dengan haknya. (Moenir, 2002:26)

Definisi diatas bahwa....................................... dst.....

3. Kepuasan Pelanggan adalah evaluasi purnabeli,dimana persepsi terhadap kinerja alternatif produk/jasa yang dipilih memenuhi atau melebihi harapan sebelum pembelian. Apabila persepsi terhadap kinerja tidak dapat memenuhi harapan, maka yang terjadi adalah ketidakpuasan. (Umar H, 2003:14)

Definisi tersebut bahwa…………………….. dst.

Berdasarkan kerangka pemikiran terhadap definisi dari variabel-variabel diatas, maka dibuat model penelitian sebagai berikut :

Gambar 1. Model Penelitian

Text Box: X1

Y

Hipotesa



X2


Dimana:

X1 = Periklanan (Independent Variabel)

X2 = Pelayanan (Independent Variabel)

Y = Kepuasan nasabah (Dependent Variabel)

1.6. Hipotesis

Hipotesa adalah suatu proposisi, kondisi atau prinsip yang untuk sementara dianggap benar dan barangkali tanpa keyakinan,agar bisa tertarik suatu konsekuensi yang logis dan dengan cara ini kemudian diadakan pengujian tentang kebenarannsya dengan mempergunakan data empiris (Empirical Data) hasil penelitian. (Suprapto,1997:23)

Berdasarkan definisi dan rumusan masalah sebelumnya, maka rumusan hipotesis dalam penelitian ini adalah :

1) Periklanan dan Pelayanan secara serempak berpengaruh positif dan signifkan terhadap Kepuasan Nasabah PT. Bank Panin cabang Utama Medan.

2) Variabel dominan adalah Pelayanan mempengaruhi kepuasan nasabah.

1.7. Sistematika Penulisan

Untuk mempermudah penulisan skripsi ini, maka penulis memfokuskan perhatian pada beberapa hal yang nantinya akan diuraikan secara terperinci. Dalam penulisan skripsi ini penulis membagi dalam 5 bab , yaitu :

BAB I PENDAHULUAN

Pada bab ini sebagai pengantar dari pembahasan berisikan uraian – uraian antara lain alasan pemilihan judul, identifikasi dan batasan masalah, perumusan masalah, tujuan dan manfaat penelitian, kerangka pemikiran, hipotesis, dan sistematika penulisan.

BAB II. Dst.......................

BAB II

LANDASAN TEORITIS

2.1 Pengertian Pemasaran dan Bauran Pemasaran

2.1.1 Pengertian Pemasaran

Pemasaran merupakan sebuah faktor penting dalam suatu siklus yang bermula dan berakhir dengan kebutuhan konsumen. Pemasaran harus dapat menafsirkan kebutuhan-kebutuhan konsumen dan mengkombinasikannya dengan data pasar seperti : Lokasi konsumen, jumlahnya, dan kesukaan mereka. Informasi tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk mengadakan pengolahan bagi kegiatan produksi.

Produk dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara,salah satunya adalah mengklasifikasikannya berdasarkan pada berwujud atau tidaknya produk tersebut. Dengan criteria ini, produk dapat diklasifikasikan sebagai barang tahan lama

( Durable goods), barang tidak tahan lama (nondurable goods), dan jasa (sevice). Akan tetapi,membedakan antara barang dan jasa sering sukar dilakukan , misalnya karena pembelian suatu barang sering dilengkapi dengan jasa-jasa atau sebaliknya, pembelian jasa sering melibatkan barang-barang.

Jasa adalah setiap tindakan atau perbuatan yang dapat ditawarkan oleh suatu pihak kepada pihak lain,yang pada dasarnya bersifat intangible (tidak berwujud fisik) dan tidak menghasilakan kepemilikan sesuatu.Produk jasa bisa berhubungan dengan produk fisik maupun tidak (Kotler, dalam Husein Umar,2003 : 3).

Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga,mempromosikan , dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial ( William J.Statnton, dalam Basu S , 2002:10 ).

Dari uraian diatas dapat diketahui bahwa dalam pemasaran jasa juga sangat membutuhkan promosi (periklanan), karena selain dapat memperkenalkan suatu perusahan juga dapat mengangkat citra perusahaan,apalagi ditambah dengan pelayanan terbaik yang diberikan perusahaan tersebut maka perusahaan tersebut akan semakin terkenal dengan image yang baik.

Dan seterusnya...........................................!

Bauran Pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahan yakni, produk, struktur harga, kegiatan promosi, dan sistem distribusi. (Basu S, 2002:42)

a) Produk

Dalam pengelolaan produk termasuk pula perencanaan dan pengembangan produk dan/atau jaa yang baik untuk dipasarkan oleh perusahaan

b) Harga

Dalam kebijakan harga, manajemen harus menentukan harga dasar dari produknya,kemudian menentuksn kebijakan menyangkut potongan harga, pembayaran ongkos kirim dan hal- hal lain yang berhubungan dengan harga.

c) Promosi

Promosi ini merupakan komponen yang dipakai untuk memberitahu dan mempengaruhi pasar bagi produk perusahaan, kegiatannya meliputi periklanan, personal selling, promosi penjualan, publishitas, dan hubungan masyarakat.


d) Distribusi

Sebagian tugas dari distribusi adalah memilih perantara yang akan digunakan dalam saluran distribusi, serta mengembangkan sistem distribusi yang secara fisik menangani dan mengangkut produk melalui saluran tersebut.

2.2 Bauran promosi (promotional mix)

Bauran promosi adalah kombinasi yang paling baik dari variabel-variabel periklanan, penjualan perorangan dan alat promosi lainnya,yang kesemuannya direncanakan untuk mencapai tujuan program penjualan menurut .Stanton(dalam Basu S, 2002:238)

Adapun bauran promosi tersebut adalah:

.......................... dst.....................

2.3. Pengertian Periklanan dan Pelayanan

2.3.1 Pengertian Periklanan

Dan lainnya................................................

Teori pendukung ini akan dikembangkan pada penulisan berikutnya........................

BAB III

METODOLOGI PENELITIAN

3.1 Tempat dan waktu penelitian

Tempat penelitian dilakukan di PT. Bank Panin Cabang Utama Medan di Jalan Pemuda No.16-22 .Waktu penelitian dilakukan mulai bulan Oktober 2009 sampai dengan bulan bulan Januari 2010.Jadwal penelitian diuraikan sebagai berikut:

Jadwal Penelitian

Tahun Ajar 2009/2010

No

Kegiatan

Bulan

Oktober

Nopember

Desember

Januari

Pebruari

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

2

3

4

1

Pengajuan judul dan pengesahan judul





















2

Pengajuan proposal





















3

Persiapan Instrumen Penelitian





















4

Persetujuan Proposal





















6

Seminar Proposal





















7

Pengumpulan data





















8

Pengolahan data





















9

Penyempurnaan





















10

Pembuatan laporan





















11

Sidang meja hijau













































3.2. Defenisi Operasional Variabel

Variabel-variabel yang dioperasionalkan dalam penelitian ini adalah semi -variable yang terkandung dalam hipotesis yang telah dirumuskan . Untuk memberikan gambaran yang jelas dan memudahkan pelaksanaan penelitian,maka perlu diberikan defenisi varibel-variabel yang akan diteliti sebagai dasar dalam menyusun kuisioner sebagai berikut:

Penelitian ini menggunakan Skala Likert dengan menekankan beberapa bentuk nilai diantarannya adalah:

Nilai

Bobot

A

5

B

4

C

3

D

2

E

1

Keterangan :

A : Sangat baik

B : Baik

C : Cukup baik

D : Kurang baik

E : Tidak baik

1. Periklanan (X1) :

Periklanan merupakan suatu bentuk promosi yang paling efektif sekarang ini. Periklanan adalah penyajian penjualan non-personal yang dikomunikasikan melalui bentuk media atau non-media untuk mempengaruh sejumlah konsumen/ nasabah. Pengukuran dilakukan dengan skala likert. Indikator-Indikatornya adalah:

a. Media yang digunakan

b. Bahasa iklan

c. Gambar iklan

d. Periode penayangan dan penempatan iklan

2. Pelayanan (X2)

Setiap perusahaan harus dapat memberikan pelayanaan yang terbaik terhadap pelanggan/nasabah, agar kesan yang diberikan perusahan dapat mencerminkan ciri perusahaan tersebut. Pelayanan adalah Produk kerjasama satu unit kerja dengan unit kerja lainnya yang memerlukan attitude sikap kerjasama dari para petugasnya. Indikator-indikatornya adalah:

a. Kerapihan dan kebersihan

b. Kelengkapan kantor

c. Kemampuan Petugas dalam memberikan pelayanan

d. Perhatian petugas

e. Keluwesan sikap

3. Kepuasan pelanggan/nasabah (Y2)

Kepuasan pelanggan/nasabah merupakan harapan setiap perusahaan, yang apabila kepuasan tercapai maka perusahaan akan mendapat image yang baik pula. Penilaian atas kepuasan dan ketidak puasan secara umum merupakan hasil dari perbandingan antara harapan seseorang atas produk yang dibeli tersebut. Indikator-Indikatornya:

a. Kecepatan Pelayanan

b. Kejelasan Informasi yang diberikan

c. Kualitas Pelayanan

d. Personaliti Pegawai


3.3 Populasi dan Sampel

3.3.1 Populasi

Populasi adalah Wilayah generalisasi yang terdiri atas objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapakan oleh peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulan (Sugiyono, 2002 : 72). Sejumlah populasi dalam penelitian ini yaitu nasabah tabanas panin pada PT. Bank Panin Cabang Utama Medan adalah sejumlah 14.000 orang per 30 Oktober 2009.

3.3.2 Sampel

Sampel adalah bagian dari jumlah dan karakteristik yang dimiliki populasi tersebut. Teknik pengambilan sample menggunakan Purposive Sampling yaitu metode penarikan sample dilakukan dengan mengambil orang-orang yang terpilih oleh peneliti. Peneliti membagikan kuesioner kepada nasabah yang berusia 17 tahun keatas dan memakai tabanas Panin lebih dari 1 tahun. Pada penelitian ini pengukuran sample dilakukan dengan rumus Slovin (Umar H, 2003:108)

orang

Dimana : n = Ukuran Sampel

N = Ukuran Populasi

e = Persen kelonggaran ketidak mutlak karena kesalahan sampel yang masih ditolerir.

Jadi yang diambil sebagai sampel sebesar 99 orang.

3.3.3 Pemilihan Responden

Dalam penelitian ini pemilihan responden yang digunakan adalah mengunakan metode menurut Black (1999) di gunakan sampel “sample purposive” merupakan jumlah suatu cara yang diambil penelitian untuk memastikan, bahwa unsur tertentu dimasukkan dalam sampel. Tingginnya tingkat selektifitas yang ada pada teknik ini, akan menjamin semua tingkatan (strata) yang relevan diprestasikan dalam rancangan penelitian.

3.4 Metode Pengumpulan Data

Data merupakan komponen penting untuk keperluan penelitian.Maka untuk membantu pelaksanaan penelitian digunakan teknik pengumpulan data. Di dalam Penyusunan skripsi ini diperlukan data primer dan data sekunder untuk memperoleh data tersebut perlu diadakan penelitian yaitu kegiatan mencari dan mengumpulkan data yang masih tersimpan dan pengetahuan baru yang mendekati kebenaran.Dengan demikian penelitian dilakukan dengan dua cara yaitu:

1. Penelitian perpustakaan (Library Research) Pengumpulan data dan bahan-bahan dengan cara membaca buku-buku yang berhubungan dengan teori Periklanan dan Pelayanan serta Kepuasan pelanggan/nasabah serta teori yang mendukung lainnya.

2. Penelitian Lapangan ( Field Research)

Penelitian ini dilakukan secara langsung ke PT.Bank Panin Cabang Utama Medan.Untuk memperoleh data dilakukan dengan cara:

- Pengamatan Langsung kelapangan

- Pengambilan data sekunder

- Wawancara dengan beberapa nasabah

- Kuisioner, yakni memberikan pertanyaan kepada responden

3.5 Pengujian Instrumen Data

3.5.1. Uji Validitas

Uji validasi digunakan untuk kelayakan butir-butir suatu daftar(kontruk) pertanyaan data mendefenisikan suatu variable.Daftar pertanyaan ini umumya mendukung suatu kelompok variable tersebut.

Untuk menilai kevalitan masing-masing butir pertanyaan dapat dari nilai Corrected total corporation masing-masing pertanyaan dikatakan valid jika r hitung yang merupakan nilai Corrected item total corporation lebih besar dari r table dengan rumus df = n – k atau ( a >0.30)

3.5.2. Uji Reliabilitas

Uji reliabilitas merupakan suatu kestabilan dan responden dalam menjawab hal yang berkaitan dengan kontruk-kontruk pertanyaan yang merupakan dimensi suatu variable dalam suatu bentuk kuesioner, dimana reliabilitas suatu kelompok variabel baik jika memiliki nilai conbachs alpa > 0.60.

*** Catatan : Apabila hanya dua variable saja ( satu Independen dan satu Dependen ) maka tidak perlu menggunakan Uji Asumsi Klasik sebagaimana berikut ini.

Selanjutnya bahwa data tersebut perlu dipenuhi oleh Asumsi Klasik sebagai berikut :

1. Uji Normalitas Data

Uji ini digunakan untuk melihat dalam model regresi,variable dependent dan Independent nya memiliki distribusi normal atau tidak. Model yang paling baik adalah distribusi data normal atau mendekati nol.

2. Uji Multikolinearitas

Multikolinearitas digunakan untuk menguji apakah pada model regresi ditemukan adanya korelasi anatar variabel Independent dengan variabel dependent. Untuk mendeteksi adanya multikolinearitas, digunakan ketentuan sebagai berikut : jika nilai Varuante Inflation Factor (VIF) lebih dari 5, maka terjadi masalah multikolinearitas.

3. Uji Heteroskesditas

Heteroskedisitas menguji terjadinya perbedaan variance residual suatu periode pengamatan ke periode pengamatan yang lain,atau gambaran hubungan antara nilai yang diprediksi dengan Studenttized Delete Residual nilai tersebut, dimana model regresi yang baik adalah model regresi yang memiliki persamaan variance residual suatu periode pengamatan dengan pengamatan yang lain.

3.6 Tekhnik Analisis Data

Adapun metode analisis yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalahsebagai berikut :

3.6.1 Analisis Deskriptif

Merupakan data yang dibutuhkan, dikumpulkan, disusun, diklasifikasikan, dianalisis serta diinterpretasikan sehingga memperoleh gambaran yang lebih jelas.

3.6.2 Analisis Kuantitatif.

Dalam penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif melalui perhitungan statistic dengan model regresi berganda ( Multiple Regretion) dimana : “ Y = a + b1X1 + b2X2 + e “ dengan defenisi b1>0 ; b2>0; b3>0 Pengujian model diolah dengan menggunakan statistical product service and solution (SPSS) VER 15.0

Y = a + b1 X1 + b2 X2 + e

Keterangan :

Y = Kepuasan nasabah

X1 = Periklanan (Independent Variable)

X2 = Pelayanan (Independent Variable)

a, b1, b2 = Koefisien Regresi Berganda (Multiple Regretion)

a = Nilai Y apabila X1 = X2 = 0

e = Kesalahan Penduga (yang tak terungkap)

3.7 Pengujian Hipotesis

1. Uji Pengaruh Serempak (Simultant)

Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui apakah periklanan dan pelayanan pada tingkat kepercayaan (Confidence Interval) atau level pengujian hipotesis 5% dengan uji F hipotesis yang digunakan.

Hipotesis untuk pengujian secara serempak adalah :

Ho : b1 = b2 = 0, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara serempak (periklanan dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah).

H1 = Minimal 1 ¹ 0, artinya ada pengaruh signifikan secara serempak (periklanan dan pelayanan terhadap kepuasan nasabah).

Pengujian menggunakan uji F dengan kriteria pengambilan keputusan adalah :

Terima Ho (tolak Hi), apabila Fhitung < ttabel atau sig F > a

Tolak Ho (terima Hi), apabila Fhitung > ttabel atau sig F < a

2. Uji Parsial

Pengaruh individu varabel bebas terhadap variabel terikat adalah sebagai berikut:

Pengaruh periklanan terhadap kepuasan nasabah

Hipotesisnya :

Ho : b1 = 0, artinya tidak terdapat pengaruh periklanan secara signifikan terhadap kepuasan nasabah

Ho : b2 ¹ 0, artinya terdapat pengaruh periklanan ssecara signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Pengujian signifikan dengan kriteria pengaruh keputusan (KPK) adalah :

Terima Ho (tolak Hi), apabila thitung < ttabel atau sig t > a

Tolak Ho (terima Hi), apabila thitung > ttabel atau sig t < a

Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan nasabah

Ho : b2 = 0, artinya tidak terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah

Ho : b2 ¹ 0,artinya terdapat pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah.

Pengujian signifikan dengan kriteria pengaruh keputusan (KPK) adalah :

Terima Ho (tolak Hi), apabila t hitung < t tabel atau sig t > a

Tolak Ho (terima Hi), apabila thitung > ttabel atau sig t < a

3. Uji Pengaruh Dominan

Hasil uji pengaruh dominan diperoleh dari Standardized Coefficient Beta.

DAFTAR PUSTAKA

Kotler, Philip, 2008 Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia,Jilid 1, Jakarta,

Penerbit :Erlangga.

**) Daftar Pustaka minimal 10 buku, terbitan 1999 s/d 2009 ( 10 tahun terakhir).

***) Lengkapi Kuisioner jika menggunakan kuisioner sebelum Seminar.

Drs.Manuntun Pakpahan,MM./23102009.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar